Survey eksternal: Pihak sekolah mengatakan bahwa kinerja kami sudah baik dan melanjutkan kegiatan kami.
Survey Internal:
Survey untuk Cynthia Amanda:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Baik
Survey untuk Davin Nathaniel:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di Lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Lucas:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Nabila Sharmita:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Ratna Berliana:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Regine Indah:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Veren Destiana:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Survey untuk Vincent:
Disiplin Waktu: Sangat BaikIde yang disampaikan: BaikInisiatif: Sangat Baik Sikap: Baik Penerapan di lapangan: Sangat Baik
FORM EVALUASI
Kegiatan di Setiap Kelas
1. Kelas 3 (Cynthia Amanda, Regine Indah, Davin Nathaniel)
Pada siang hari kami mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia
karena murid-murid kelas 3B sedang menerima rapot sehingga pelajaran matematika
sudah diajarkan sebelum rapot dibagi kepada anak-anak. Kami menyuruh anak-anak untuk membacakan cerita yang ada di
buku paket mereka lalu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cerita yang
sudah dibacakan.
2. Kelas 4 (Lucas, Ratna Berliana, Vincent)
Pada
pertemuan ini yang berganti dari pertemuan ketiga hanya kelasnya saja. Materi
yang diajarkan tetap sama karena ada muncul perkataan “yang selanjutnya susah
kak”. Maka dari itu, ada baiknya jika materi selanjutnya, tentang bangun ruang,
di jelaskan pada pertemuan lain setelah siswa – siswi menguasai betul angka
romawi. Rasa jenuh mungkin ada saat mengajarkan materi tersebut karena sudah
empat pertemuan kami mengajarkan materi tersebut. Oleh karena itu yang banyak kami lakukan adalah memberikan merka latihan saja.

Kami memginstruksikan mereka mengerjakan latihan yang ada di buku LKS mereka dan memberi waktu pada mereka untuk mengerjakan. Berbeda dengan kelas sebelumnya, anak anak dikelas ini terasa sudah lebih mengerti karena mereka mengerjakan soal tersebut dengan lebih tenang namun masih ada beberapa anak yang bertanya kepada kami. Ketika tiba saatnya untuk membahas soal yang diberikan, kami mengajak anak untuk bermain games. Kami meminta anak untuk bernyanyi sambil memegang spidol dan dioper bergantian. Ketika lagu habis, anak yang memegang spidol terakhir diminta untuk maju dan mengerjakan soal yang ada. Kami juga memastikan setiap anak mendapat giliran maju untuk mengerjakan soal.

Setelah semua anak sudah maju, dan waktu menunjukan pukul 11.50, kami menyudahi pembelajaran kali ini, Anak anak dipersilakan mengemasi buku pelajaran mereka dan berdoa untuk siap siap pulang. Doa dipimpim oleh salah seorang anak dari tempat duduknya. Setelah doa selesai, anak dipersilakan pulang dan pertemuan kami pun selesai.
3. Kelas 6 (Nabila Sharmita dan Veren Destiana)
Setelah selesai mengajar di kelas 3,
kami istirahat hingga waktu menunjukkan pukul 10 dan kami melanjutkan shift
ke-2 mengajar kami di kelas 6. Kelas 6 melanjutkan pelajaran mengenai ekspor
dan impor minggu lalu, dan kami juga meminta mereka mengerjakan 10 buah soal
isian yang ada pada LKS yang mereka bawa. Kegiatan mengajar pada hari kedua ini
ditutup dengan evaluasi dari perwakilan guru dan foto bersama dengan seluruh
pengajar serta kepala sekolah.
Paragraf Penutup:
Kesimpulan: Pada pertemuan kedua kami dengan anak anak sudah lebih mengalir karena mereka juga sudah terbiasa dengan kehadiran kami. Bahkan saat jam istirahatpun, kami terkadang diajak untuk bermain dan bercerita bersama mereka. Terasa kehangatan terjalin antara kami tim pengajar dengan anak anak. Namun di sisi lain, kami juga tetap akan menambah skill mengajar kami agar semua anak dapat mengerti apa yang akan diajarkan.
Next to do: Kami akan lebih menyiapkan materi untuk mengajar dan metode mengajar yang baru
No comments:
Post a Comment