Mengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi dalam Program TFI
Mengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi dalam Program TFI
Paragraf Awal:
Kelas : LC01
Dosen : Bapak Hermawan Winditya
Waktu : 07:00-09:00 (Shift Pagi)
Hari, Tanggal : Kamis, 31 Maret 2016
Jumlah anak didik :
Kelas 3a: 39 anak dari 40 anak
Kelas 4a: 37 anak dari 40 anak
Kelas 5b: 37 anak dari 40 anak
Lokasi : SDN Duri Kepa 03 Pagi
Jl. Mangga Raya No. 18 RT 002 RW 03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Anggota yang hadir :
- Ratna Berliana (1901457914)
- Regine Indah (1901455915)
- Veren Destiana (1901457006)
- Davin Nathaniel (1901459680)
- Lucas (1901460386)
- Vincent (1901461735)
- Cynthia Amanda (1901462050)
- Nabila Sharmita (1901462744)
Anggota yang tidak hadir :
Tidak Ada
 |
Atas: Tim Pengajar beserta Kepala Sekolah SDN Duri Kepa 03 Pagi
Bawah(Kiri-kanan): Vincent, Ratna, Veren, Nabila, Regine, Manda, Davin, Lucas) |
Paragraf Isi:
Pada hari ketiga kami mengajar, kami sampai disekolah tepat waktu. Anak-anak sedang berbaris dilapangan untuk melakukan kegiatan rutin mereka. Kamipun menunggu disisi samping sambil merapikan perlengkapan yang kami bawa. Tidak lama setelah itu, kegiatan mereka selesai dan kamipun mengikuti anak-anak kembali ke kelas masing masing. Namun bedanya adalah, mulai minggu ini, anak kelas 6 akan melalui ujian praktik sehingga tim pengajar di kelas 6 dialihkan mengajar kelas 3 bersama Regine dan Amanda. Jadi kami mengajar di 3 kelas berbeda, yaitu kelas 3, kelas 4, dan kelas 5.
Berikut adalah foto-foto kegiatan kami:
 |
Regine, Manda, Nabila dan Veren sedang mengajar di kelas 3a |
 |
Anak-anak kelas 4a |
 |
Regine dan anak anak kelas 3a |
 |
Vincent dan Davin menjelaskan kepada anak-anak kelas 5 |
 |
Lucas Menjelaskan kepada anak anak kelas 4a |
 |
Ratna membantu anak-anak yang belum mengerti |
Survey eksternal: Pihak sekolah merasa hasil kerja kami sudah baik dan meminta untuk meneruskan apa yang sudah kami kerjakan dua minggu ini.
Survey Internal:
Survey untuk Cynthia Amanda:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Baik
Survey untuk Davin Nathaniel:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di Lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Lucas:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Nabila Sharmita:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Ratna Berliana:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Regine Indah:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Veren Destiana:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Survey untuk Vincent:
Disiplin Waktu: Sangat BaikIde yang disampaikan: BaikInisiatif: Sangat Baik Sikap: Baik Penerapan di lapangan: Sangat Baik
FORM EVALUASI
Kegiatan di Setiap Kelas
1. Kelas 3 (Cynthia Amanda, Regine Indah, Veren Destiana, Nabila Sharmita)
Seperti
biasa, saat pagi hari kami mengajar Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 3a. sebelum
kami mulai mengajar, kami diberitahukan bahwa minggu depan mereka akan ulangan
materi iklim dan cuaca. Mendengar hal itu, maka kegiatan kami pada hari itu
adalah membahas soal serta membahas materi yang masih kurang jelas.
Pada awalnya kami menyuruh mereka
untuk mengerjakan 5 soal dari lks. Banyak anak yang tampak bingung saat
mengerjakan soal ini, maka kami pun membantu mereka, kami menjawab semua
pertanyaan mereka mengenai soal yang mereka tanyakan. Setelah semua anak
selesai mengerjakan 5 soal tersebut, kami pun membahasnya.
Kemudian kami memberikan mereka 5
soal yang lainnya. Kali ini, anak-anak sudah mulai mengerti. Tidak banyak anak
yang merasa kebingungan dan bertanya kepada kami. Ketika mereka telah selesai
berdiskusi sambil mengerjakan soal tersebut, kami pun membahasnya. Hasilnya pun
cukup memuaskan, semakin banyak anak yang mendapatkan nilai bagus.
Kami pun ingin agar mereka dapat
menguasai materi ini dengan baik, maka kali ini kami menyuruh mereka untuk
mengerjakan 20 soal pilihan ganda, serta 10 soal isian. Mereka pun mengerjakan
soal tersebut sambil berdiskusi dengan teman sebangku mereka. Kami pun turut
membantu mereka jika ada soal yang mereka bingung. Mereka pun semakin mengerti
mengenai materi ini, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya anak yang telah
selesai mengerjakan soal tersebut.
Setelah semua anak selesai
mengerjakan soal, kami pun membahasnya. Banyak anak yang hanya salah sedikit.
Kami pun senang karna hal ini membuktikan bahwa mereka sudah mengerti materi
untuk ulangan. Akhirnya setelah selesai membahas soal, kami pun meminta mereka
untuk mengumpulkan lks untuk kami koreksi. Hasilnya pun memuaskan, banyak anak
yang mendapatkan nilai 90, 95, dan 100. Setelah kami selesai mengoreksi, bel
pun berbunyi. Sebelum kami keluar kelas, kami pun berfoto bersama mereka.
2. Kelas 4 (Ratna Berliana, Lucas)
Pada
pertemuan kelima, kami mulai ditugaskan untuk mengajarkan materi baru. Mata
pelajaran yang kami ajar masih sama seperti sebelumnya, matematika. Kami mengajari
siswa – siswi pada kelas tempat kami ditugaskan tentang bangun ruang yang
isinya sifat bangun ruang dasar dan jaring – jaring kubus dan balok.
Pembelajaran berjalan dengan baik karena pada siswa mengerti apa yang kami ajarkan. Walaupun masih banyak siswa yang sedikit kesulitan, kami tetap dapat
memberikan arahan agar kesulitan mereka teratasi.
Pembelajaran diawali dengan penjelasan dasar mengenai kubus dan balok. Lucas menjelaskan secara singkat mengenai titik sudut, rusuk, dan sisi. Kemudian setelah anak-anak paham mengenai konsep kubus dan balok, kami beralih dengan jaring jaring kubus. Kami menjelaskan secara perlahan karena anak anak terlihat bingung karena ini adalah pelajaran baru bagi mereka. Setelah kami rasa anak sudah cukup mengerti, kami beralih ke jaring jaring balok. Penjelasan mengenai jaring jaring balok terbilang sulit karena anak-anak juga baru menyentuh pelajaran bangun ruang ini.
Kemudian kami memberikan mereka latihan untuk menggambar kubus dan balok di buku kotak kotak yang sudah mereka siapkan dari rumah, serta menggambar jaring-jaring kubus dan balok. Beberapa anak yang belum mengerti kini sudah tidak segan lagi untuk bertanya pada kami, Kurang lebih 20 menit setalah kami membantu dan mengajarkan anak-anak tentang bangun ruang, jam menunjukkan pukul 08.40. Kamipun memutuskan untuk mengakhiri kelas dengan berfoto bersama dengan anak-anak dan berbincang dengan anak-anak. Tidak sedikit anak yang meminta kontak kami untuk menjaga hubungannya dengan kami. Ada juga anak yang memberikan surat kepada kami sebagai tanda terima kasih. Terasa sedih saat kami harus meninggalkan mereka. Namun tugas kami sudah selesai disini, kamipun mempersilakan mereka untuk beristirahat setelah melakukan perpisahan singkat dan sederhana dengan mereka.
3. Kelas 5 (Vincent, Davin Nathaniel)
Pada tanggal 31 Maret 2016. Kami kembali mengadakan kegiatan
belajar-mengajar di kelas 5. Kami mengajar bahasa Inggris. Kali ini kami
mengajar tentang cuaca. Pada awal pengajaran kami bersama-sama dengan
murid-murid membaca terlebih dahulu vocabulary
yang ada di halaman pertama bab buku LKS siswa.
Setelah itu, kami bermain tebak gambar bersama anak-anak.
Satu anak kami panggil maju ke depan untuk menggambar ilustrasi cuaca/musim
yang kami berikan, lalu kami biarkan teman-temannya yang lain untuk menebak
gambar apakah itu. Pelajaran kami akhiri dengan mengerjakan soal yang ada di
LKS.

Paragraf Penutup:
Kesimpulan: Di pertemuan kelima kami, kegiatan belajar mengajar jauh lebih lancar karena kami sudah terbilang cukup dekat dengan anak-anak.
Penutup: Pertemuan kelima ini sekaligus pertemuan terakhir kami dengan kelas 3a, 4a dan 5b. Ada sedikit kesedihan karena minggu depan kami sudah tidak bertemu dengan mereka lagi. Namun kami tetap senang sudah bisa mengajar disana dan kami bisa mendapat pengalaman baru.
No comments:
Post a Comment