Mengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi dalam Program TFI
Mengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi dalam Program TFI
Paragraf Awal:
Kelas : LC01
Dosen : Bapak Hermawan Winditya
Waktu : 07:00-09:00 (Shift Pagi)
Hari, Tanggal : Kamis, 24 Maret 2016
Jumlah anak didik :
Kelas 3a: 32 anak dari 40 anak
Kelas 4a: 27 anak dari 40 anak
Kelas 5b: 27 anak dari 40 anak
Lokasi : SDN Duri Kepa 03 Pagi
Jl. Mangga Raya No. 18 RT 002 RW 03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Anggota yang hadir :
- Ratna Berliana (1901457914)
- Regine Indah (1901455915)
- Veren Destiana (1901457006)
- Davin Nathaniel (1901459680)
- Lucas (1901460386)
- Vincent (1901461735)
- Cynthia Amanda (1901462050)
- Nabila Sharmita (1901462744)
Anggota yang tidak hadir :
Tidak Ada
 |
Atas: Tim Pengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi
Bawah (kiri-kanan): Lucas, Nabila, Davin, Regine, Amanda, Veren, Ratna, Vincent) |
Paragraf Isi:
Pada hari kedua kami mengajar, kami datang tepat waktu. saat kami sampai di sekolah, anak anak sedang berbaris dan bersiapsiap untuk melakukan kegiatan rutinnya yaitu menyanyikan lagu nasional dan melafalkan beberapa ayat Al-Quran. Kami kemudian menunggu anak- anak selesai di sisi samping lapangan. Setelah kegiatan tersebut selesai barulah kami masuk ke kelas masing masing untuk memulai pengajaran. Pada pagi hari ini, kami terbagi kedalam 3 kelas yaitu 4 orang mengajar kelas 3, 2 orang mengajar kelas 4, dan 2 orang mengajar kelas 5.
Berikut adalah beberapa foto dari kegiatan kami:
 |
Vincent sedang menjelaskan di papan tulis |
 |
Amanda dan Regine bersama anak anak didiknya |
 |
Regine dan Nabila sedang mengajar |
 |
Ratna dan Lucas sedang menjelaskan pada anak-anak |
 |
Suasana kelas saat kami mengajar |
Survey eksternal: Pihak sekolah memberi saran kepada kami untuk lebih mempersiapkan materi saat ingin mengajar agar suasana kelas menjadi lebih kondusif.
Survey Internal:
Survey untuk Cynthia Amanda:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Baik
Survey untuk Davin Nathaniel:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di Lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Lucas:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Nabila Sharmita:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Ratna Berliana:
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Regine Indah:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
Survey untuk Veren Destiana:
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Survey untuk Vincent:
Disiplin Waktu: Sangat BaikIde yang disampaikan: BaikInisiatif: Sangat Baik Sikap: Baik Penerapan di lapangan: Sangat Baik
FORM EVALUASI
Kegiatan di Setiap Kelas
1. Kelas 3 (Cynthia Amanda, Regine Indah, Veren Destiana, Nabila Sharmita)
Pada tanggal 24 Maret 2016 kami mengajar lagi di kelas 3A pada pagi hari. Kami mengulang pelajaran minggu lalu yaitu tentang cuaca, namun sekarang kami tambahkan lagi materi baru yaitu tentang macam-macam awan.
Hari ini kami dibantu lagi oleh Veren dan Nabila.
Setelah mengajarkan tentang materi tersebut kami memberikan soal latihan kepada mereka yang terdapat di buku paket mereka. Setelah dikerjakan kami bahas bersama. Anak-anak aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami lontarkan kepada mereka. Dan alhasil mereka mengerti apa yang sudah kami ajarkan kepada mereka.
2. Kelas 4 (Ratna Berliana, Lucas)
Hari
Kamis pada minggu ini adalah pertemuan ketiga kami siswa –
siswi SD Duri Kepa 3 Pagi. Seperti pada pertemuan sebelumnya, kami memulai
pelajaran pada jam pertama pelajaran mereka. Perbedaan pada pertemuan ketiga ini, mereka sudah
mulai tidak canggung kepada kami. Banyak hal yang tidak terpikirkan oleh kami
terjadi. Ternyata mereka dengan sangat antusias ingin mengenal kami sampai nama
kami pun masih mereka ingat. Suasana kelas juga sudah berbeda dengan pada hari
pertama. Tentu saja lebih cair dari yang sebelumnya. Materi yang saya ajarkan
hari ini sama dengan pertemuan pertemuan sebelumnya “lagi – lagi angka romawi”
karena siswa – siswi kelas tempat saya mengajar butuh pemahaman yang lebih
dalam lagi tentang materi tersebut sebelum lanjut ke materi baru.
Kami memulai kelas dengan mereview pelajaran minggu sebelumnya, dan saat kami yakin anak-anak sudah mengerti, kami menginstruksikan mereka untuk mengerjakan soal dari LKS mereka. Terlihat sekarang jumlah anak yang kurang mengerti lebih sedikit. Kemudian, setelah beberapa anak mengajukan pertanyaan yang sama, kami memutuskan untuk membahas soal tersebut satu persatu di papan tulis. Kami membahasnya dengan perlahan serta langkah demi langkah untuk memastikan setiap anak mengerti apa yang kami sampaikan. Setelah selesai membahas soal latihan tersebut, kami menyudahi kelas karena tidak terasa jam pelajaran matematika sudah habis.
3. Kelas 5 (Vincent, Davin Nathaniel)
Pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2016, kami kembali
mengadakan kegiatan belajar-mengajar. Kami kembali mengajar Bahasa Inggris di
kelas 5B. Materi pelajaran kami masih tentang shape, melanjutkan pelajaran minggu lalu. Kami mengingatkan kembali
nama-nama bangun yang telah diajarkan minggu lalu, yang sebagian besar masih
diingat oleh murid-murid. Setelah mengajarkan ulang nama bangun yang masih
kurang dimengerti oleh anak-anak, kami melanjutkan mengajarkan bahan yang ada
di buku. Kami mengajarkan cara meminta tolong dan cara menjawabnya dalam Bahasa
Inggris.
Setelah dirasa telah dimengerti anak-anak, kami
menginstruksikan anak-anak untuk mengerjakan soal yang ada di buku. Untuk
menghemat waktu, kami akhirnya memutuskan untuk bersama-sama mengerjakan soal
tersebut sambil melakukan pembahasan. Pengerjaan soal berlangsung hingga akhir
jam pelajaran.
Paragraf Penutup:
Kesimpulan: Pada pertemuan kedua kami dengan anak anak sudah lebih mengalir karena mereka juga sudah terbiasa dengan kehadiran kami. Bahkan saat jam istirahatpun, kami terkadang diajak untuk bermain dan bercerita bersama mereka. Terasa kehangatan terjalin antara kami tim pengajar dengan anak anak. Namun di sisi lain, kami juga tetap akan menambah skill mengajar kami agar semua anak dapat mengerti apa yang akan diajarkan.
Next to do: Kami akan lebih menyiapkan materi untuk mengajar dan metode mengajar yang baru
No comments:
Post a Comment