Monday, 28 March 2016

Shift Pagi Hari Kedua

Mengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi dalam Program TFI




Mengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi dalam Program TFI


Paragraf Awal:
Kelas : LC01
Dosen : Bapak Hermawan Winditya
Waktu : 07:00-09:00 (Shift Pagi)
Hari, Tanggal : Kamis, 24 Maret 2016
Jumlah anak didik : 
Kelas 3a: 32 anak dari 40 anak   
Kelas 4a: 27 anak dari 40 anak
Kelas 5b: 27 anak dari 40 anak
Lokasi : SDN Duri Kepa 03 Pagi
  Jl. Mangga Raya No. 18 RT 002 RW 03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
 Anggota yang hadir :
  1. Ratna Berliana (1901457914)
  2. Regine Indah (1901455915)
  3. Veren Destiana (1901457006)
  4. Davin Nathaniel (1901459680)
  5. Lucas (1901460386)
  6. Vincent (1901461735)
  7. Cynthia Amanda (1901462050)
  8. Nabila Sharmita (1901462744) 

Anggota yang tidak hadir :  
Tidak Ada
Atas: Tim Pengajar SDN Duri Kepa 03 Pagi
Bawah (kiri-kanan): Lucas, Nabila, Davin, Regine, Amanda, Veren, Ratna, Vincent)

Paragraf Isi:
          Pada hari kedua kami mengajar, kami datang tepat waktu. saat kami sampai di sekolah, anak anak sedang berbaris dan bersiapsiap untuk melakukan kegiatan rutinnya yaitu menyanyikan lagu nasional dan melafalkan beberapa ayat Al-Quran. Kami kemudian menunggu anak- anak selesai di sisi samping lapangan. Setelah kegiatan tersebut selesai barulah kami masuk ke kelas masing masing untuk memulai pengajaran. Pada pagi hari ini, kami terbagi kedalam 3 kelas yaitu 4 orang mengajar kelas 3, 2 orang mengajar kelas 4, dan 2 orang mengajar kelas 5.
 Berikut adalah beberapa foto dari kegiatan kami:
Vincent sedang menjelaskan di papan tulis
Amanda dan Regine bersama anak anak didiknya
Regine dan Nabila sedang mengajar
Ratna dan Lucas sedang menjelaskan pada anak-anak
Suasana kelas saat kami mengajar

Survey eksternal: Pihak sekolah memberi saran kepada kami untuk lebih mempersiapkan materi saat ingin mengajar agar suasana kelas menjadi lebih kondusif.
Survey Internal: 
Survey untuk Cynthia Amanda: 
Disiplin Waktu:  Sangat Baik
Ide yang disampaikan:  Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Baik

Survey untuk Davin Nathaniel:
 
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan:  Sangat Baik
Penerapan di Lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik

Survey untuk Lucas:
 
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Sangat Baik
Sikap: Sangat Baik

Survey untuk Nabila Sharmita:
 
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik

Survey untuk Ratna Berliana:
 
Disiplin Waktu: Baik
Ide yang disampaikan: Sangat Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: 
Sangat Baik

Survey untuk Regine Indah:
 
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Sangat Baik
Inisiatif: Baik
Sikap: Sangat Baik
 
Survey untuk Veren Destiana:  
Disiplin Waktu: Sangat Baik
Ide yang disampaikan: Baik
Penerapan di lapangan: Baik
Inisiatif: Baik 
Survey untuk Vincent: 
Disiplin Waktu: Sangat BaikIde yang disampaikan: BaikInisiatif: Sangat Baik Sikap: Baik Penerapan di lapangan: Sangat Baik  

FORM EVALUASI 




















Kegiatan di Setiap Kelas
1. Kelas 3 (Cynthia Amanda, Regine Indah, Veren Destiana, Nabila Sharmita)

Image
Pada tanggal 24 Maret 2016 kami mengajar lagi di kelas 3A pada pagi hari. Kami mengulang pelajaran minggu lalu yaitu tentang cuaca, namun sekarang kami tambahkan lagi materi baru yaitu tentang macam-macam awan.

Hari ini kami dibantu lagi oleh Veren dan Nabila.
Setelah mengajarkan tentang materi tersebut kami memberikan soal latihan kepada mereka yang terdapat di buku paket mereka. Setelah dikerjakan kami bahas bersama. Anak-anak aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami lontarkan kepada mereka. Dan alhasil mereka mengerti apa yang sudah kami ajarkan kepada mereka. 

2. Kelas 4 (Ratna Berliana, Lucas)

          Hari Kamis pada minggu ini adalah pertemuan ketiga kami siswa – siswi SD Duri Kepa 3 Pagi. Seperti pada pertemuan sebelumnya, kami memulai pelajaran pada jam pertama pelajaran mereka. Perbedaan pada pertemuan ketiga ini, mereka sudah mulai tidak canggung kepada kami. Banyak hal yang tidak terpikirkan oleh kami terjadi. Ternyata mereka dengan sangat antusias ingin mengenal kami sampai nama kami pun masih mereka ingat. Suasana kelas juga sudah berbeda dengan pada hari pertama. Tentu saja lebih cair dari yang sebelumnya. Materi yang saya ajarkan hari ini sama dengan pertemuan pertemuan sebelumnya “lagi – lagi angka romawi” karena siswa – siswi kelas tempat saya mengajar butuh pemahaman yang lebih dalam lagi tentang materi tersebut sebelum lanjut ke materi baru.

Kami memulai kelas dengan mereview pelajaran minggu sebelumnya, dan saat kami yakin anak-anak sudah mengerti, kami menginstruksikan mereka untuk mengerjakan soal dari LKS mereka. Terlihat sekarang jumlah anak yang kurang mengerti lebih sedikit. Kemudian, setelah beberapa anak mengajukan pertanyaan yang sama, kami memutuskan untuk membahas soal tersebut satu persatu di papan tulis. Kami membahasnya dengan perlahan serta langkah demi langkah untuk memastikan setiap anak mengerti apa yang kami sampaikan. Setelah selesai membahas soal latihan tersebut, kami menyudahi kelas karena tidak terasa jam pelajaran matematika sudah habis.   
3. Kelas 5 (Vincent, Davin Nathaniel)

          Pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2016, kami kembali mengadakan kegiatan belajar-mengajar. Kami kembali mengajar Bahasa Inggris di kelas 5B. Materi pelajaran kami masih tentang shape, melanjutkan pelajaran minggu lalu. Kami mengingatkan kembali nama-nama bangun yang telah diajarkan minggu lalu, yang sebagian besar masih diingat oleh murid-murid. Setelah mengajarkan ulang nama bangun yang masih kurang dimengerti oleh anak-anak, kami melanjutkan mengajarkan bahan yang ada di buku. Kami mengajarkan cara meminta tolong dan cara menjawabnya dalam Bahasa Inggris.
           Setelah dirasa telah dimengerti anak-anak, kami menginstruksikan anak-anak untuk mengerjakan soal yang ada di buku. Untuk menghemat waktu, kami akhirnya memutuskan untuk bersama-sama mengerjakan soal tersebut sambil melakukan pembahasan. Pengerjaan soal berlangsung hingga akhir jam pelajaran. 
Paragraf Penutup:
Kesimpulan: Pada pertemuan kedua kami dengan anak anak sudah lebih mengalir karena mereka juga sudah terbiasa dengan kehadiran kami. Bahkan saat jam istirahatpun, kami terkadang diajak untuk bermain dan bercerita bersama mereka. Terasa kehangatan terjalin antara kami tim pengajar dengan anak anak. Namun di sisi lain, kami juga tetap akan menambah skill mengajar kami agar semua anak dapat mengerti apa yang akan diajarkan.

Next to do: Kami akan lebih menyiapkan materi untuk mengajar dan metode mengajar yang baru

No comments:

Post a Comment